Wonosobo Fair 2014 : Bangga, Cinta dan Bela (BCB) Produk Wonosobo

Wonosobo Fair 2014
Wonosobo Fair merupakan kegiatan tahunan yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Wonosobo. Pada tahun 2014 tempat pelaksanaan kegiatan tahunan tersebut di Gedung Korpri. Adapun tema Wonosobo Fair 2014 kali ini adalah "GELAR EKONOMI KREATIF DAN POTENSI UMKM WONOSOBO". Gelaran pameran produk-produk UMKM bertajuk Wonosobo Fair 2014 , Kamis 8 Mei 2014 resmi dibuka dan direncanakan akan selesai Senin 12 Mei 2014 mendatang.

Bangga, Cinta dan Bela (BCB) Produk Wonosobo
Apabila pengunjung datang di Wonosobo Fair 2014, maka akan terlihat ratusan produk hasil kreasi para pelaku usaha dan juga pengrajin dari 15 Kecamatan di Wonosobo, dan produk-produk tersebut siap untuk dibawa pulang bagi pengunjung yang ingin memiliki.

Kunjungan Bupati Wonosobo ke salah satu stan setelah pembukaan
~ Klik gambar untuk memperbesar ukuran~

Kegiatan Wonosobo Fair 2014 ternyata sudah dipersiapkan jauh, jauh hari sebelum tanggal 8 Mei 2014, hal ini penulis cermati ketika mendatangi Wonosobo Fair 2014, ternyata ada stan khusus pemasangan Foto Lomba Kegiatan UMKM, berikut ini suasana di stan pemasangan Lomba Kegiatan UMKM :
Suasana di stan pemasangan Foto Lomba Kegiatan UMKM

Juara I Lomba Foto Kegiatan UMKM

Antusias masyarakat pada hari pertama setelah pembukaan kegiatan Wonosobo Fair 2014 ternyata cukup besar, berikut ini suasana ketika penulis memasuki ruang Gedung Korpri :
Keramaian Wonosobo Fair 2014
Beberapa produk khas Wonosobo hasil kreasi para pelaku usaha kecil mikro dan menengah tersebut mulai dari makanan dan minuman ringan seperti opak singkong, sale pisang, sirup kemar dan carica dieng, sayur mayur dan buah-buahan, sampai kerajinan anyaman bambu, batik dan hasil olahan kayu tersedia dengan harga-harga yang spesial.

Pada kegiatan Wonosobo Fair 2014, ada salah satu yang menampilkan produk unik menurut penulis yaitu dari Kecamatan Kejajar, yang menyajikan sayur mayur dan buah-buahan, diantaranya seperti pada gambar :

Stan Kejajar

Menurut salah satu penjaga stan yang sempat penulis temui, Ibu Zulfa, Parsley merupakan salah satu tanaman yang biasa tumbuh di benua Eropa. Wuah....bagus sekali, ternyata cocok juga di Kecamatan Kejajar. Penulis pun berusaha mencari tahu tentang Parsley, Parsley atau disebut juga Peterseli, daun tanaman dari keluarga wortel dan seledri selama ini dikenal sebagai penghias hidangan alias garnish. Daun beraroma segar yang banyak tercantum dalam kitab filsafat para filsuf jaman Romawi ini, ternyata juga punya khasiat mengurangi bau mulut tak sedap setelah makan hidangan yang tebuat dari daging.

Selain gelaran produk UMKM, ternyata di Wonosobo Fair 2014 juga memberikan ekspresi seni diantaranya, panitia juga menggelar beragam lomba unik dan menuntut kreatifitas para pesertanya. Lomba foto yang berada di bawah koordinasi Himpunan Penggemar Photography Wonosobo (HPPW). Lomba berikutnya : lomba poster bertema Keunggulan Produk UMKM Wonosobo.

Harapan dengan Adanya Kegiatan Wonosobo Fair 2014

Seperti halnya kegiatan-kegiatan lainnya, Wonosobo Fair 2014 digelar untuk mempertemukan potensi UMKM di Kabupaten Wonosobo dengan para konsumen potensial. Melalui kegiatan Wonosobo Fair 2014 dari tanggal 8 sampai dengan 12 Mei 2014 atau selama 5 hari penuh tersebut, diharapkan akan ada nilai lebih yang diperoleh para pelaku UMKM. Jangka pendeknya tentunya adanya  transaksi langsung jual beli produk di Wonosobo Fair 2014 tersebut, namun harapnnya ada investor yang melirik potensi dan kreatifitas UMKM di Kabupaten Wonosobo. Bahkan jika dimungkinkan dibuat semacam toko online yang menjajakan barang-barang produk UMKM Wonosobo, sehingga bisa diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia bahkan mendunia. Semoga......

“Postingan blog ini diikutsertakan dalam Blog Contest Wonosobo Fair 2014 kerjasama Bagian Humas Setda Kabupaten Wonosobo dengan Komunitas MbakYu Blogger”

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blog Pemburu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger